Monday, November 18, 2013

NUSA DUA FIESTA 2013 - BALI

Bali Tourism Development Coorporation (BTDC) menyelenggarakan Nusa Dua Fiesta ke-16 pada tahun 2013. Diselenggarakan pada tanggal  15 s/d 19 Nopember 2013. Kesibukan panitia sebelum acara NDF saya lihat benar-benar dipersiapkan dengan matang. Disamping disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, panitia fokus pada tujuan event tahunan ini. Berbagai acara telah disiapkan oleh panitia dengan cukup profesional untuk memeriahkan NDF-16.




Pertama kali ini saya melihat secara langsung event Nusa Dua Fiesta ini sangat menarik, banyak wisatawan mancanegara dan indonesia antusias mengikuti acara demi acara. NDF 2013 mengusung tema "Wana Lelagunan " atau "Pelestarian Hutan" dan dipusatkan dilokasi Pulau Peninsula Nusa Dua - Bali. Tema sangat tepat untuk menjaga kelestarian lingkungan yang berwawasan Eco Green. 

Action dulu aahhh....

Acara ini meliputi seni, festifal ilmu pengetahuan, parade budaya & pertunjukan, kompetisi kuliner internasional. Pada hari kedua saya perhatikan acara yang diminati oleh wisatawan manca adalah seni tradisional. 

Parade : Kebo Iwa

Kisah Gajah Mada & Kebo Iwa :  Berlanjut...

Gajah Mada & Kebo Iwa



Balineese Creation

Balinese Creation

KEINDAHAN JEMBATAN KELOK-9


Jembatan layang Kelok 9 terdiri dari enam jembatan dan memiliki ruas jalan selebar 13.5 meter. Bentang jembatan pertama memiliki panjang 20 meter, bentang kedua 230 meter, dan bentang ketiga 65 meter.




Pembangunan jembatan Kelok-9 mulai dilakukan pada tahun 2003. Pengerjaannya ditangani dalam dua tahapan pembangunan. Panjang keseluruhan jembatan dan jalan yang dibangun adalah 2.537 meter, terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter.




Jalan Kelok 9 adalah nama untuk ruas jalan nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau. Jalan ini merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera di kilometer 146 dan kilometer 148.


Jalan Kelok-9 dibangun semasa pemerintah Hindia-Belanda tahun 1908-1914. Jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatra. Jika dibentang lurus panjang kelok-9 hanya 300 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter.



Bentang keempat memiliki panjang 462 meter, bentang jembatan keempat merupakan jembatan jenis pelengkung beton dengan pondasi bore pile sedalam 20 meter untuk menahan beban jembatan dan gaya horizontal gempa. Bentang jembatan kelima memiliki panjang 31 meter dan bentang keenam 156 meter
Menutut Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum, jembatan dibangun dengan menelan biaya APBN sekitar 600 miliar diperkirakan mampu bertahan hingga 100 tahun.

Ref. Kompas/Metro News

Mantap... P. Joko, ayo kembangkan terus infrastruktur jalan & jembatan untuk memudahkan transportasi.

Saturday, October 5, 2013

DIVING at TANJUNG BENOA BALI


Mengisi waktu senggang pada hari libur biasanya olah raga jalan, lari2 pagi atau berenang , kali ini pengen diving, kebetulan temen tinggal di Tanjung Benoa Bali Anggun & Roby Wijaya sebagai tim The Benoa Tour & Travel Bali bisa kasih info tempat yang menarik (bisa diakses www.benoawatersport.blogspot.com atau di  http://balitourandtravel.readyplanet.asia) banyak promo wisata yang bisa di pilih, akhirnya coba diving di lokasi Tanjung Benoa Bali 05 Oktober 2013. Persiapan kurang lebih 20 menit dan perjalanan ke lokasi diving 15 menit. Pemandangan dan keindahan bawah laut yang cukup menarik bisa kita nikmati selama kurang lebih 60 menit, bisa berinteraksi dengan kehidupan laut, berbagai macam jenis ikan hias seperti : Angel Fish (Queen & imperator), Clown Fish (True Percula/ Percula Pair, Gold Stripe Maroon), Kepe (Auriga, Coklat), Gubies & Blennies, macam Zebra pokoknya banyak deehh... sepatutnya kita harus pelihara terumbu karang juga oleh pihak2 yang terkait agar ekosistem bawah laut tetap terjaga..  Hhhhhmmmm.. bener-bener  fressshh.. Menunggu Schedule berikutnya....

Action siap2... nyemplong
Nemo/Clown fish..(amphiprion ocellaris)
Sippp ada Gubies lewat
Nemo/Clown fish..(amphiprion ocellaris)
 
wah..lagi cek terumbu karang neehh..
 

Wednesday, October 2, 2013

APEC 2013 TELKOM OPERASIKAN INFRASTRUKTUR ICT KELAS DUNIA

Sebagai satu-satunya perusahaan telekomunikasi milik negara, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) berkomitmen untuk mendukung suksesnya APEC 2013. Dengan menjadi Telecommunication Partner APEC 2013, Telkom siap operasikan jaringan infrastruktur ICT kelas dunia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Telkom, Arief Yahya pada apel siaga APEC 2013 (1/10) bertempat di Bali.

Apel Siaga ini bertujuan untuk memastikan segala persiapan infrastruktur dan layanan Telkom untuk penyelenggaraan APEC sudah siap beroperasi sebagaimana mestinya. Selain Direktur Utama, kegiatan ini juga diikuti oleh Direktur Network IT & Solution Telkom Rizkan Chandra, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga beserta seluruh personil satuan tugas khusus Telkom untuk APEC 2013.

Direktur Network IT & Solution Telkom Rizkan Chandra menambahkan, "KTT APEC adalah konferensi internasional yang dihadiri Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin dan 21 Kepala Negara sehingga dibutuhkan layanan ICT yang handal dan 'always on'."

Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) merupakan forum utama komunitas negara-negara Asia Pasifik untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan permikiran tentang pertumbuhan ekonomi, kerjasama, perdagangan dan investasi. Tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013, tepatnya di Nusa Dua, Bali. Dengan mengangkat tema "Resilient Asia Pacific, Engine of Global Growth", KTT APEC akan diselenggarakan pada tanggal 1 - 8 Oktober 2013 yang terdiri dari kegiatan Leaders Summit dan CEO's Summit.

Rizkan menambahkan, "Untuk penyelenggaraan APEC ini, Telkom tidak main-main untuk memberikan layanan komunikasi yang handal. Kami fokuskan dukungan tersebut pada tiga hal, yaitu People, Process dan Technology."

Untuk penyelenggaraan APEC 2013, Telkom menyediakan infrastruktur ICT yang meliputi S-T-A, yakni Switching (perangkat penghubung jalur komunikasi), Transmission (Satellite, Fiber Optic darat dan laut serta Radio) dan Access (sekitar 1500 Access Point, 1.260 Base Tranceiver Station dan 6 unit Mobile Wifi). Untuk Access, Telkom juga menyediakan spare part on site."

Keseluruhan infrastruktur yang tersedia menghasilkan layanan yang dapat dikelompokkan dalam V - I - P (View - Internet - Phone). Untuk layanan View, Telkom telah menyiapkan TV Pool melalu penyediaan 7 unit Mobile Satellite News Gathering (SNG), video streaming dan Closed Circuit Television (CCTV). Untul layanan internet, Telkom menghadirkan konektivitas handal dengan bandwidth 2x10 Gbps, Mobile Broadband Telkomsel, dan Wifi di seluruh venue APEC 2013. Sementara untuk layanan voice, Telkom hadirkan berbagai layanan 3G, live trial 4G, SLI dan telepon.

Telkom menyediakan layanan dan fasilitas telekomunikasi dengan jangkauan yang cukup luas yang mampu mencakup lima lokasi utama yaitu Media center, Akomodasi hotel, Security, International airport dan Venue (M-A-S-I-V). Selain membangun jaringan, Telkom sebagai alternate member APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia juga menjadi Host Sponsor APEC CEO's Summit 2013.

Untuk kesiapan jaringan, Telkom telah membangun minimal 3 jalur transmisi broadband yang berbeda untuk menjamin ketersediaan dan kehandalan akses internet. Dengan demikian, apabila terjadi gangguan pada salah satu jalur, maka tetap tersedia cadangan untuk menjamin konektivitas.

Pada event internasional ini, Telkom sangat fokus untuk menghasilkan layanan yang berkualitas. Oleh karena itu semua infrastruktur dan layanan yang disediakan akan dikendalikan dan dimonitor di War Room Telkom Group yang berlokasi di Jakarta dan Bali. Telkom menempatkan tim operasi yang yang akan selalu standby 24 jam untuk memantau dan melayani keluhan terkait layanan telekomunikasi. Telkom berharap semua layanan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan mampu meminimalisir kendala teknis yang muncul.

"Persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia"
 
Ref : detik News

Sunday, September 29, 2013

AREMA JUARA INDONESIAN INTERNATIONAL TOURNAMENT 2013


Malang - Arema Indonesia menjadi kampiun ajang Piala Menpora. Dua gol penalti dari Keith Kayamba Gumbs membawa 'Singo Edan' memetik kemenangan 2-1 atas Central Cost Mariners di laga final.
Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (29/9/2013) malam WIB, Arema dan Mariners bermain sama kuat 1-1 di babak pertama.

Gumbs membawa tuan rumah unggul lebih dulu lewat titik putih di menit 40. Mariners membalas lewat Marcos Flores lima menit kemudian.

Eksekusi penalti penyerang asal negara St. Kitts and Nevis itu kembali membawa Arema unggul di menit 53. Sebelumnya, seorang bek Mariners melakukan handball di kotak penalti.

Di sisa laga tak ada gol tambahan, Arema menjadi juara di ajang perdana Piala Menpora.

Final : Arema Indonesia Vs CCM

Tribun : Selebrasi Goal
IIT Club

Aremania

           Ref  : Detik. Sport



Monday, September 23, 2013

JALAN TOL BALI RESMI DIBUKA


NUSA DUA - BALI, Jalan Tol JDP (Jalan di Atas Perairan) Rute Benoa (Denpasar Selatan)-Bandara Ngurah Rai (Kuta)-Nusa Dua (Kuta Selatan) telah diresmikan Presiden SBY, Senin (23/9) sore. Presiden sekaligus memberikan nama ‘Jalan Tol Bali Mandara’ untuk jalan tol atas laut pertama di Indonesia senilai Rp 2,4 triliun ini.

Dok. Ref. Liputan 6
"Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa saya sebut dengan nama Bali Mandara, yang bermakna Bali yang agung dan Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera ini dengan resmi saya nyatakan dimulai penggunaannya," ujar SBY saat meresmikan Jalan Tol Bali Mandara dengan menekan sirene di Gerbang Tol Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Senin sore pukul 16.55 Wita. Peresmian Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 km dan rampung dibangun dalam 14 bulan, kemarin sore, dihadiri juga Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menko Polhukam Joko Suyono, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Pariwisata-Ekonomi Kreatif Mari Ela Pangestu, Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung, Bupati Badung AA Gde Agung, jajaran Direksi PT Jasa Marga Bali Toll, PT Jasa Marga Tbk, BUMN Kontraktor, BUMN Perbankan, dan tamu undangan lainnya.

Site Plan
Usai peresmian, Presiden SBY didampingi Ibu Negara Anie Yudhoyono langsung naik mobil Toyota Land Cruiser dan mencoba tol tersebut untuk pertama kalinya. Presiden melakukan pembayaran tol perdana dengan menggunakan E-toll card. Bersama rombongan para menteri dan Gubernur Pastika, Presiden SBY lanjut meninjau Bandara Internasional Ngurah Rai Tuban, Kecamatan Kuta, Badung yang juga baru diperluas dan direnovasi. Dengan diresmikannya ‘Bali Mandara’ sebagai nama Jalan Tol JDP, maka berakhir pula spekulasi seputar nama jalan top pertama di Bali tersebut. Sebelumnya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengusulkan dua alternatif nama untuk Jalan Tol JDP. Pertama, Jalan Tol Soekarno-Hatta untuk menghargai jasa Proklamator bangsa. Kedua, nama Jalan Tol Bali Mandara. Namun, Presiden SBY memilih nama Jalan Tol Bali Mandara. ”Nama Jalan Tol Bali Mandara dianggap lebih netral, karena ini kemungkinan bisa menghindari pro kontra usulan nama sebelumnya,” ujar sumber NusaBali yang wanti-wanti namanya tidak dikorankan.

Gerbang Benoa
 Dalam kata sambutannya sebelum membuka resmi penggunaan Jalan Tol JDP, Senin sore, Presiden SBY mengatakan dibangunnya Jalan Tol Bali Mandara merupakan sebuah sejarah bagi Indonesia, karena murni hasil karya putra-putri terbaik bangsa. "Ini merupakan tonggak sejarah baru dalam bidang konstruksi Indonesia," katanya. SBY mengaku bangga dengan hasil karya putra-putri bangsa Indonesia ini. Jalan Tol yang menelan biaya Rp 2,4 triliun ini juga merupakan tol di atas laut pertama di Indonesia. "Impian bangsa kita untuk menguasai teknologi konstruksi utamanya dalam pembangunan jalan tol di atas laut akhirnya menjadi sebuah kenyataan. Setelah 68 tahun bangsa kita telah menghasilkan karya," katanya. Sebelum mewujudkan jalan Tol Bali Mandara yang dibangun di atas perairan Teluk Benoa, menurut SBY, Indonesia telah mampu membangun jembatan di atas perairan sepanjang 5,4 km yaitu Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu). Hal tersebut merupakan bentuk karya anak bangsa Indonesia dalam hal teknologi konstruksi, ayang tidak ketinggalan dari negara lain. "Setelah Jembatan Suramadu sepanjang 5,4 km menjadi jembatan terpanjang di Indonesia menghubungkan Jawa dan Madura, hari ini kita kembali bangga dengan selesainya Jalan Tol di Laut. Sekali lagi, ini karya putra putri terbaik bangsa." SBY berharap pembangunan Jalan Tol Bali Mandara hasil kreasi anak bangsa ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi masyarakat Bali. Mobilitas industri dan perdagangan juga diharapkan tumbuh seiring dengan mulai dioperasikannya Jalan Tol Terindah di Indonesia ini. Tak kalah pentingnya, SBY berharap Jalan Tol Bali Mandara juga dapat membuka lapangan pekerjaan. “Kita berharap dengan adanya jalan tol ini dapat lebih menunjang kepariwisataan serta aktivitas ekonomi lainnya,” harapnya. Sementara, Gubernur Pastika mengucapkan rasa bangganya atas peresmian Jalan Tol Bali Mandara. Gubernur Pastika pun berharap jalan tol ini bisa mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan yang sebelumnya selalu krodit. “Kami bangga jalan tol pertama di Bali ini diresmikan. Jalan tol mahakarya persembahan anak bangsa ini kami harapkan untuk mengurangi kemacetan transportasi pariwisata dan sekaligus mendukunga kegiatan KTT APEC 2013,” jelas Gubernur. Gubernur Pastika klaim Jalan Tol Bali Mandara yang diresmikan Presiden SBY kemarin sebagai jalan tol terindah di dunia. “Ini jalan tol pertama di Bali yang bisa menjadi destinasi wisata Bali. Sejak awal jalan tol dibangun dengan konsep strong, green, dan beautiful,” ujar Gubernur Pastika. “Dari atas tol juga bisa disaksikan sunset, hijaunya mangrove, lalu lintas pesawat di atas kepala, serta aktivitas nelayan yang gemerlap di malam harinya, sangat indah," lanjut Gubernur sembari menyebut keindahan Jalan Tol Bali Mandara terlihat dari hamparan 16.000 pohon mangrove di sekitarnya. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menegaskan Jalan Tol Bali Mandara akan dioperasikan dengan sistem terbuka. Artinya, setiap pengendara diwajibkan membayar di gerbang tol dan bebas keluar ke tempat tujuan yang diinginkan. “Pembayaran jalan tol selain uang cash, juga dapat dilakukan dengan menggunakan electronic payment (E-toll Card),” jelas Joko Kirmanto. Pihak PT Jasamarga Bali Tol selaku pengelola telah merancang 6 kategori tarif yang akan diberlakukan di Jalan Tol Bali Mandara.

Dok. Ref. Kompas

Pertama, khusus sepeda motor dikenai tarif Rp 4.000. Kedua, kendaraan roda empat Golongan I (jenis Sedan, Jeep, Pick Up, Truk Mini, Minibus) dikenai tarif Rp 10.000. Ketiga, Golongan II (Truk, Dua Gandar) dikenakan tarif Rp 15.000). Keempat, Golongan III (kendaraan Tiga gander) dikenai tarif tol Rp 20.000. Kelima, Golongan IV (Truk Empat Gandar) dikenai tarif Rp 25.000. Keenam, Golongan V (Truk Lima Gandar) dikenakan tarif tol Rp 30.000). Setelah diresmikan, Jalan Tol Bali Mandara akan digratiskan penggunakannya selama sepekan, terhitung mulai 24 September hingga 1 Oktober 2013. Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, masyarakat Bali diberikan kesempatan selama sepekan menggunakan fasilitas jalan tol tanpa dipungut biaya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 357/KPTS/M/2013 tertanggal 18 September 2013.

    Ref : Nusa Bali



Sunday, September 15, 2013

WISATA BATU MALANG


Agrowisata
Jatim Park
Jatim Park Water Zone
Villa Kawasan Songgoriti
Villa Kawasan Selecta

Tuesday, August 27, 2013

KEKAYAAN LAUT BALI - INDONESIA

View Pantai Kedunganan Bali
Negara indonesia di kenal sebagai Negara kepulauan yang memiliki potensi Sumberdaya alam yang cukup besar. Sebagai Negara yang banyak memiliki pulau, Indonesia dianugerahi laut yang begitu luas dengan berbagai sumber daya ikan di dalamnya. Potensi sumber daya perikanan tersebut tersebar di seluruh wilayah laut nusantara. Kekayaan laut Indonesia sangat beranekaragam salah satunya adalah jenis ikan laut, mengisi waktu senggang sempat pergi ke TPI Kedunganan Bali. Karena TPI ini populer dengan harga yang murah, bervariasi antara Rp. 10.000 s/d 35.000 per Kg tergantung dari jenis ikan. Di pasar ini bisa kita langsung bakar dengan harga Rp. 10.000/ Kg. Hhhhmmmm... lumayan gak mahal-mahal sekali.. sambil menikmati pantai dengan view yang cukup menarik..

Udang suiipp u/digoreng tepung
Ikan segar
Salah satu Jagoan Tim Ekspedisi

Saturday, August 17, 2013

26 th anniversary of AREMA INDONESIA


Salam Satu Jiwa kalau bahasa Malang biasanya Malas Utas Awij atau Sasaji, tanggal 11 Agustus 2013 minggu lalu AREMA merayakan ultah ke 26, masih suasana lebaran Aremania/Aremanita yang pada mudik larut dalam memeriahkan ultah AREMA, yang merupakan kebanggaan warga Malang, AREMA bukan hanya masalah bola saja, tetapi sudah merupakan identitas masyarakat Malang, "Kemanapun dimanapun tetap ada AREMA, Kami tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana", inilah yel..yel.. yang biasa gemuruh dalam lapangan. Salam Satu Jiwa tetap melekat pada diri arek-arek Ngalam yang merupakan satu keluarga besar masyarakat Ngalam dimanapun untuk saling bersilahturahmi. 
NO ANARKIS, NO RASISME dan berharap perkembangan Sepak Bola Indonesia lebih baik lagi, yang merupakan pemersatu bangsa dari Sabang sampai Merauke tanpa membedakan RAS untuk mendukung TimNas MERAH PUTIH dan bersatu menjaga Kedaulatan NKRI. Bangga menjadi anak Indonesia negara subur kaya kebudayaan, adat-istiadat, berbagai macam suku dan sumber daya... BERSATULAH untuk mewujudkan cita-cita Bangsa.. Hari ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke 68, terima kasih Pahlawan Bangsa, kami tetap mengenang jasa-jasamu, dan melanjutkan perjuanganmu MERDEKA....!!!!








Tuesday, July 30, 2013

TOL BENOA - NUSA DUA BALI


TOL dari Nusa Dua
Pembangunan fisik proyek jembatan tol Nusa Dua-Bandara Ngurah Rai-Benoa sepanjang 12,7 km rampung dikerjakan.

PT Jasa Marga (Tbk) memastikan, jalan tol yang dibangun di atas laut itu akan resmi beroperasi saat berlangsungnya Konferensi APEC di Nusa Dua, Bali, Oktober 2013.

Dinamakan jembatan tol, karena dari panjang jalan tol 12,7 km, sekitar 10 km berada di atas laut. Ibnu mengatakan, panjang jembatan tol Bali ini akan menjadi yang pertama di Indonesia dan panjangnya hampir menyamai Penang Bridge di Malaysia (13,5 km) maupun Union Bridge di Kanada (12,9 km).

"Desain dan konstruksinya dikerjakan 100% oleh putra-putri terbaik bangsa sekitar 3.000 pekerja, dan dapat diselesaikan dalam waktu 14 bulan. Lebih cepat dari rencana awal 18 bulan," ungkapnya.

Tidak hanya desain dan konstruksi, biaya investasi jembatan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa senilai Rp2,4 triliun didapatkan 30% dari dana internal perusahaan dan 70% dari pinjaman sindikasi perbankan dalam negeri.

"Berbeda dengan jembatan Suramadu yang dibiayai dengan pinjaman luar negeri dan APBN.

Arah Bandara Ngurah Rai & Sanur

Abdul Hadi, Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengutarakan, pembangunan jembatan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa Bali dilatarbelakangi oleh parahnya kemacetan terutama saat musim liburan.

Saat ini, masyarakat dari arah Denpasar, Kuta, atau Bandara Ngurah Rai yang akan menuju Nusa Dua hanya melalui Jalan Raya Bypass Ngurah Rai yang telah beroperasi sejak 1960. Menurut suatu survei, jumlah kendaraan roda empat atau lebih yang melintas di sana setiap hari mencapai lebih dari 56 ribu.

Butuh satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ke Nusa Dua. Sementara, dari Nusa Dua ke Benoa mencapai 2 jam. Jembatan tol ini akan memangkas waktunya menjadi hanya 15 menit.

Jembatan tol ini akan menjadi jalan tol pertama di Provinsi Bali. Sama seperti di jalan tol Jembatan Suramadu, jalur motor di tol Nusa Dua- Bandara Ngurah Rai-Tanjung Benoa akan berada di sisi pinggir tol tersebut.

"Kami prediksi jembatan tol ini nantinya akan dilalui oleh sedikitnya 38 ribu kendaraan roda empat dan dua. BEP dalam waktu 7-8 tahun. Diharapkan lebih cepat jadi bisa beri dividen ke pemerintah. Usia jembatan tol bisa bertahan hingga 50 tahun,"

Tarif diberlakukan sistem terbuka (sekali bayar keluar dimana saja) sebesar Rp10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp4 ribu untuk roda dua.

Jalan tol ini dibangun oleh anak perusahaan, PT Jasa Marga Bali Tol (persero) yang memiliki konsesi pengelolaan selama 45 tahun. Perusahaan tersebut, merupakan gabungan konsensi dari tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Susunan kepemilikannya masing-masing adalah PT Jasa Marga (persero) Tbk 60%, PT Pelindo III (persero) 20%, PT Angkasa Pura I (persero) 10%, PT Wijaya Karya (persero) Tbk 5%, PT Adhi Karya (persero) Tbk 2%, PT Hutama Karya (persero) Tbk 2%, dan PT Pengembangan Pariwisata Bali (persero) 1%.

"Keikutsertaan Pemprov Bali dan Pemkab Badung dalam kepemilikan saham sedang dalam proses kajian Kementerian PU," papar Abdul.

Jasa Marga Bali Tol memiliki tanggung jawab pengelolaan mencakup perencanaan konstruksi, mencari pendanaan, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan.

Ref  : Metronews