Wednesday, December 19, 2012

SANDBLASTING & COATING

Hanya sebagai pengingat waktu bekerja pada Barge Loading Conveyor System Project Meulaboh - Aceh Barat. Pengalaman yang baik dalam menangani mobilisasi dan proses handling Steel Pipe Pile. Mobilisasi dari Jakarta via laut sampai di Medan dan dilanjutkan via darat. Steel Pipe dengan Dia. 600 mm tebal 16 mm, jumlah 180 Pipe, yang akan digunakan untuk pemancangan trestle onshore. Proses handling dilakukan beberapa kali mengakibatkan cacat pada pipa terutama pada joint spiral. Secara kuantitas luasan yang harus di repair adalah 162 m2 dari total 4.069 m2 (180 EA). 
Blasting yaitu proses pembersihan permukaan material dengan cara menggunakan butiran-butiran steel grit dan steel shot ataupun pasir kering yang disemburkan dengan tekanan udara yang sangat kuat sehingga menghilangkan lapisan material yang paling luar, termasuk karat dan mill scale.

Pipa yang sudah diproses Blasting harus segera diproses Applikasi, karena pipa yang sudah di proses Blasting ini mempunyai batasan waktu untuk diproses Applikasi. Selang waktu yang diperbolehkan untuk diproses Applikiasi yaitu tidak boleh lebih dari 3 jam. Karena kalau lebih dari 3 jam, maka banyak debu yang akan menempel pada permukaan pipa, dan uap airpun juga akan menempel pada permukaan pipa, karena temperatur pipa sudah turun menyamai temperatur ambeient (temperatur ruangan).

COATING / PAINTING



Finishing yaitu proses coating epoxy yang terakhir, yaitu proses inspeksi hasil applikasi ketika epoxy sudah kering. Pada proses ini ada proses coating repair yaitu proses perbaikan coating epoxy pada bagian - bagian yang cacat.



Pada Finishing ini dilakukan beberapa inspeksi, diantaranya yaitu: 

Dry Film Thickness (DFT) yaitu ketebalan lapisan epoxy yang telah diapplikasikan kepada pipa setelah kering. Disini perlu diinspeksi karena pengukuran ketika epoxy masih dalam keadaan basah tidak 100 persen akurat, Untuk itulah perlu kita chek Coating Thickness setelah kering. Untuk mengetahui Dry Film Thickness tersebut kita memerlukan alat bantu yang disebut dengan Coating Thickness Gauge. Jika ketebalan lapisan Epoxy sudah OK, maka akan kita lakukan inspeksi tahap selanjutnya. Tetapi kalau lapisan epoxynya kurang tebal, maka perlu dilakukan proses Recoating, yaitu proses penambahan lapisan epoxy tanpa melalui proses blasting.

1 comment:

Robert said...


I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to understand. Unlike other blogs I have read which are really not that good.Thanks alot!
bed liner spray