Monday, March 25, 2013

Cuaca Pengaruh Pengerjaan TOL Bali

DENPASAR -- Curah hujan yang tinggi, disertai angin kencang pada Desember dan Januari lalu, mengganggu pengerjaan jalan tol Bali yang dikenal dengan jalan tol diatas perairan (JDP) Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua-Benoa.

Akibat gangguan cuaca itu pula terjadi keterlambatan-keterlambatan pengerjaan. "Tapi pengerjaannya sudah kami kejar dan diperkirakan konstruksinya sudah rampung akhir April atau awal Mei," kata Humas Jasa Marga Bali Tol, Drajat, saat berbincang dengan ROL, Jumat (22/3).

Menurut Drajat, pembangunan jalan tol itu dimaksudkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan KTT APEC Oktober tahun ini. Rencananya pada Mei sudah bisa dilakukan uji kelaikan jalan tol itu.

Sebelumnya, Direktur Utama Jasa Marga Bali Tol Ir Akhmad Tito Karim, MM di Denpasar, mengatakan pembangunan jalan ton di atas perairan dan melewati kawasan hutan bakau itu akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada akhir Juni atau awal Juli 2013.

Saat ini, katanya, pihaknya sedang dihadapkan pada satu pekerjaan yang tersisa, yakni soal menetapkan bentuk pintu gerbang atau toll gate jalan tol. Kendati pun terkesan kecil sebutnya, namun hal itu dinilai penting mengingat pintu gerbang adalah perwajahan.

Banyak kalangan di Bali, mengharapkan pintu gerbang jalan tol satu-satunya di Bali itu mencerminkan wajah atau berasitektur Bali. Menurut Tito, pihaknya terus mengadakan pertemuan dan berkonsultasi dengan Bupati Badung Anak Agung Gede Agung mengenai pintu gerbang itu. Dimana diharapkan pintu masuk tol benar-benar menggambarkan wajah Bali.

Ref  : ROL

No comments: