Friday, March 1, 2013

PERENCANAAN JALAN

Survey Trase Jalan (ceck PI)
Pembangunan jalan baru sesuai klasifikasinya ( Jalan Lokal, Kolektor, Arteri ataupun bebas hambatan (TOL) diperlukan secara teknik dalam perencanaan terkait dengan alignement dan kondisi tanah dasar (rencana subgrade) yang memenuhi syarat/ketentuan design, maka dalam perencanaan teknik jalan baru diperlukan pekerjaan lapangan (survey).
Pekerjaan lapangan mencakup keseluruhan kegiatan survey dan investivigasi lapangan untuk memperoleh data-data akurat yang diperlukan dalam perencanaan teknik, yaitu  :

-  Alinemen Jalan (Road Alignement)
-  Sarana Drainase ( Highway Drainage) 
-  Tanah Dasar dan Bahan Konstruksi Jalan (Subgrade dan Highway materials)
Beberapa aspek yang perlu mendapat perhatian dalam perencanaan sebelum melakukan kegiatan lapangan, khusus dalam proses perencanaan teknik jalan raya yang baru adalah aspek sosial ekonomi dan budaya penduduk setempat, sehingga pembangunan jalan raya yang baru akan memberikan dampak positif bagi penduduk sekitarnya.
Selain itu perlu pula diperhatikan aspek lingkungan setempat yang diharapkan tidak merusak ekosistem daerah sekitarnya, dengan pertimbangan juga efisiensi, dengan kata lain dalam perencanaan teknik jalan baru, pekerjaan lapangan harus dapat menggabungkan berbagai aspek terutama aspek teknik dan ekonomi (ketersediaan dana).
Kegiatan lapangan yang perlu dilakukan meliputi :
1.  Data Penunjang
2.  Survey Pendahuluan
3.  Survey AMDAL
4.  Survey Topografi
5.  Survey Hydrografi
6.  Survey Geoteknik
7.  Survey Lalu Lintas
Kegiatan ini dilakukan oleh masing-masing profesional yang saling menunjang.
1. Data Penunjang
Dalam tahap ini adalah data-data dasar yang tersedia, yang diperlukan sebagai referensi pada saat pelaksanaan survey. Kegiatan pengumpulan data penunjang atau studi data awal (desk study) ini sangat diperlukan agar mudah untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi lokasi dan pencapaian lokasi dan gambaran Route Reconnaissance. Hal ini meliputi  :
a. Peta lokasi antara lain ; (Peta Jaringan Jalan, Peta Topografi, Peta Geologi Regional, Photo Udara, Peta Rupa Bumi Google Earth).
b. Data dan Informasi, antara lain ; Data curah hujan, Transportasi menuju lokasi, biaya hidup dilokasi survey, Cuaca dan suhu dilokasi, dll.
c. Study Data, Route yang akan diplotkan pada peta dasar terdiri dari terdiri dari beberapa route sebagai alternatif.

2. Survey Pendahuluan
Survey pendahuluan mencakup 2 macam kegiatan yaitu :
a. Survey Rconnaissance

Survey Route narsis sedikit sambil istirahat

Maksud dari survey ini adalah untuk menetapkan route (sumbu jalan rencana) yang ideal sesuai dengan ketentuan dan persyaratan agar hasil design dapat memenuhi unsur kenyamanan dan keamananpengguna jalan dan yang paling ekonomis. Tujuan dari survey reconnaissance ini untuk mendapatkan gambaran kondisi lapangan pada trase jalan rencana (sepanjang route yang dipilih)
b. Pengumpulan Data
 Sebelum kegiatan mobilisasi dilakukan sebaiknya diadakan persiapan dikantor agar kegiatan dilapangan dapat dilaksanakan secara efisien, diantaranya  :
- Informasi  : Pencapaian Lokasi, Kondisi umum medan, Akomodasi, Komunikasi, Logistik, dll
- Data Penunjang : Peta Topografi, Peta Rupa Bumi, Peta Geologi, Data lainnya yg diperlukan
- Peralatan  : Formulir Data, Kamera, Kompas, Clinometer, Altimeter, Pita Ukur Baja, Perlengkapan Camp, dan alat bantu lainnya.


Pelaksanaan pekerjaan hasil Survey Reconnaisance

Reconnaissance adalah pemilihan route yang menghubungkan titik tetap, yaitu beberapa alur (area) dari titik awal survey sampai titik akhir survey. jadi bukan sekedar garis rencana sumbu jalan akan tetapi berupa koridor dengan lebar sesuai dengan kondisi terrain yang ada (ROW jalan)


1 comment:

Unknown said...

Sangat membantu. thanks pak